The Big Cat Cougar

Kucing terbesar keempat, tante girang adalah hewan yang luar biasa. Pemburu hebat, tante girang adalah desain dalam kekuatan dan kecepatan. Berkeliaran di kisaran yang lebih besar daripada yang lainnya di Belahan Barat, cougar memerintah tertinggi sebagai pemburu individu terbaik di Amerika. Meskipun tidak termasuk dalam kucing besar karena ketidakmampuannya untuk mengaum, cougar adalah kucing yang sangat kuat dengan kisaran berat 120-200 lbs untuk laki-laki dan 80-130 lbs untuk betina.

Termasuk dalam kucing kecil berutang pada atribut fisiknya, tante girang berbagi leluhur dengan Cheetah Afrika. Batas kecepatannya yang besar bersama dengan ekor penyeimbangnya yang panjang memang mengingatkan pada mamalia darat tercepat, bahkan sebagai tuan cougar dengan tangkai dan predator penyergapan. Kemampuan memburunya yang hebat telah memungkinkannya untuk bertahan hidup di habitat yang beragam dan menjadi subjek cerita rakyat di banyak komunitas, mempelajarinya lebih banyak nama daripada kucing lainnya, termasuk – singa gunung, screamer gunung, puma, macan kumbang, catamount, pi-twal, carcajou, couguar, dan cuguacuarana.

Mantelnya berwarna seragam, biasanya cokelat kecoklatan. Anak-anak terlihat, tetapi menjadi berwarna polos saat dewasa. Tambalan warna lebih terang dapat terjadi pada dagu dan tenggorokan. Struktur tubuh dirancang terutama untuk kelincahan dan kekuatan. Kepala yang kuat, forequarters yang kuat, dada yang dalam dan rahang yang kuat memungkinkan tante girang menjadi predator yang menakutkan. Kaki belakang yang proporsional lebih panjang memungkinkan batas kecepatan yang lebih besar bersama dengan kemampuan melompat tidak ada di antara predator darat – hingga 40 kaki secara horizontal!

Meskipun mampu menghasilkan kecepatan yang luar biasa, cougar lebih memilih untuk mengintai mangsanya sebelum menerkamnya dengan beberapa batasan pencahayaan, menghasilkan momentum yang hebat. Setelah menjatuhkan mangsa cougar memberikan gigitan leher yang mematikan – mencekik binatang. Dalam kasus mangsa yang lebih kecil, tante girang mematahkan leher dengan menghancurkan vertebra serviks dan memisahkan tulang belakang. Mangsa yang biasa adalah rusa, meskipun kemampuan adaptasi yang besar memungkinkannya untuk mengambil basis mangsa yang luas – mulai dari serangga hingga ungulates besar.

Konflik jarang terjadi dengan spesies lain karena rentangnya yang besar di alam liar. Meskipun di daerah-daerah tertentu di utara, cougar tidak bersaing dengan beruang dan serigala karena membunuh. Di selatan tante girang dikalahkan oleh Jaguar, meskipun kemampuan berburu yang serba bisa memberikannya keunggulan. Serangan terhadap manusia jarang terjadi dan sering dipicu oleh perambahan ke dalam wilayah singa gunung. Menatap kucing di mata dan mengintimidasi dengan suara keras yang dikendalikan bersamaan dengan serangan batu dan tongkat sering kali mengusir kucing jika terjadi konfrontasi. Bermain mati, seperti dengan beruang, tidak membantu – cougar dengan cepat mendekat dan memberikan gigitan leher yang fatal!

Seperti kucing lain, cougars soliter datang bersama untuk kawin beberapa kali dalam setahun. Tiga hingga empat anak kucing lahir, meskipun biasanya satu atau dua anak kucing bertahan hidup di alam liar – dengan ibu melakukan pengasuhan tunggal. Para pemuda mulai berburu pada usia enam bulan dan mampu bertahan hidup mandiri pada usia satu hingga satu setengah tahun. Rentang hidup umumnya sepuluh tahun di alam liar dan hingga dua kali lipatnya di penangkaran.

Setelah distribusi dari Yukon ke Andes di Amerika, populasi cougar menghadapi kecenderungan penurunan – terutama disebabkan oleh habitat dan kehilangan mangsa disertai predasi oleh satu-satunya ancaman alami mereka – manusia. Spekulan ini belum rentan karena dan perdebatan adalah mendapatkan tanah tentang memperkenalkan mereka ke wilayah timur, menghasilkan prospek cerah untuk masa depan panther indah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *