2014 Sepuluh Acara Terbesar dan Paling Berkesan

[ad_1]

Apa acara terbesar tahun 2014? Apakah itu penembakan Malaysia Airlines Flight 17, serangan ISIL, serangan udara oleh Amerika Serikat dan sekutu Arabnya di Suriah, atau wabah virus Ebola? Atau apakah itu sesuatu yang lain?

Dalam satu tahun di mana populasi dunia mencapai 7,28 miliar, Tahun MMXIV Gregorian telah mengungkapkan mungkin lebih banyak sensasi, ketakutan, drama dan tragedi daripada yang biasa kita lihat, tentu saja dibandingkan dengan peristiwa dunia dengan dua tahun sebelumnya. Mungkin dalam hal dahsyatnya sepuluh peristiwa berikut dapat dipertimbangkan (dalam urutan terbalik 'hitungan mundur' yang penting) yang terbesar, paling mudah diingat:

NUMBER TEN – Legalisasi Euthanasia di Belgia

Tidak seperti reformasi hukum pada perdebatan pernikahan sesama jenis, dalam hal bobot etis, legalisasi euthanasia di Belgia untuk pasien yang sakit parah dari segala usia mulai berlaku pada 13 Februari.

NOMOR SEMBILAN – Sekolah Chibok, Nigeria, Penculikan 300 anak perempuan

Boko Haram, sebuah organisasi Jihadis Islam, mengklaim bertanggung jawab atas penculikan dan penculikan 276 siswa perempuan pada malam 14-15 April. Ada kampanye media sosial yang dimulai di seluruh dunia (#BringBackOurGirls) yang mencapai 2,3 juta tweet, tetapi, belum, belum ada terobosan besar pada peristiwa tragis ini.

NOMOR DELAPAN – Laporan Perubahan Iklim

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim merilis Penilaian Kelima terakhir dan menyimpulkan bahwa dunia menghadapi kerusakan "berat, meresap, dan tidak dapat diubah" dari emisi global CO2. Dan pemerintah-pemerintah dunia terus tidak sepakat satu sama lain tentang apa tanggapan dunia seharusnya.

NUMBER TUJUH – Ancaman Poliomielitis

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi penyebaran poliomielitis di setidaknya sepuluh negara untuk menjadi darurat kesehatan besar di seluruh dunia.

NOMOR ENAM – Israel dan Hamas Standoff

Selama periode tujuh minggu pada bulan Juni dan Juli, ketegangan meningkat antara Israel dan Palestina Hamas, produk yang 2.100 orang Palestina dan 71 orang Israel tewas, termasuk serangan darat ke Gaza oleh Israel.

NUMBER FIVE – MH370 Penerbangan Malaysia Airlines 370 Hilang

Sebuah misteri yang menghabiskan miliaran dolar, dan menghasilkan penderitaan yang terus-menerus dalam anggota keluarga yang tertinggal secara ambigu, hilangnya 8 Maret pesawat Boeing 777 membingungkan. Diasumsikan telah menghilang antara Teluk Thailand dan Samudra Hindia.

NOMOR EMPAT – Situasi Rusia yang Melibatkan Ukraina dan Krimea

Aneksasi Krimea berimplikasi sanksi terhadap Rusia dan suspensi sementara Rusia dari G8. Majelis Umum PBB, melalui resolusi, menolak aneksasi dan menyerukan Crimea bagian dari Ukraina. Ini semua terjadi setelah Olimpiade Musim Dingin Sochi diadakan di Rusia selama 7-23 Februari.

NOMOR TIGA – Epidemi Ebola di Afrika Barat

Wabah Februari ini yang memiliki perhatian terus seluruh dunia telah menginfeksi hampir 20.000 dan menewaskan 6.000; yang paling modern dalam hal infeksi dan korban. Sebagian besar negara di seluruh dunia melembagakan kebijakan preventif dan korektif di bandara, pelintasan perbatasan dan pelabuhan laut.

NUMBER TWO – MH17 Malaysia Airlines Penerbangan 17 Shootdown Over Ukraina

Pada tanggal 17 Juli, dunia terbangun untuk berita pesawat komersial (Boeing 777) yang ditembak jatuh di atas Ukraina oleh rudal Rusia. 298 orang binasa. Beberapa hari kemudian Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan Resolusi 2166 sebagai tanggapan atas penembakan tersebut. Upaya pemulihan internasional dan investigasi Belanda terjadi.

NOMOR SATU – Serangan Negara Islam ke Irak Utara

Tidak ada yang membuat ketakutan dan rasa jijik ke dalam hati warga Bumi pada tahun 2014 lebih dari kebangkitan Negara Islam di Irak dan Levant / Suriah (ISIL atau ISIS). Dengan menggunakan media sosial untuk menteror dunia melalui pemenggalan kepala sejumlah sandera individu, para pemimpin dunia hampir di mana-mana mengecam strategi SI sebagai kejahatan. Konflik semacam itu paling mengkhawatirkan bagi nada dan nada keagamaan saat para Jihadis terus memprovokasi Barat menuju 'perang suci'.

***

2014 lebih didominasi oleh konflik nasional dan internasional daripada bencana alam. Kekhawatiran pasar keuangan dunia terus mengganggu kepercayaan konsumen, dan krisis kesehatan utama (yaitu Ebola atau poliomyelitis) juga mengkhawatirkan penduduk Bumi pada tahun 2014.

© 2014 S. J. Wickham.

[ad_2]